Menyadari pentingnya membangun strategi dalam mempromosikan potensi unggulan daerah guna mendongkrak investasi, Komisi III DPRD Barito Kuala bersama Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan studi komparatif ke Dinas PMPTSP Jawa Timur, pada Jumat (13/11/20). Kunjungan kerja yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Barito Kuala Muhammad Agung Purnomo itu diterima oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal (P3M) Agus Salim Arif. Turut serta dalam dalam rombongan, Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Barito Kuala Muhammad Aberar.

Di kesempatan awal, Kabid P3M Agus Salim Arief memaparkan profil dan kinerja Dinas PMPTSP Jatim. Secara khusus, ia menjelaskan beberapa inovasi yang ditempuh selama masa pandemi Covid-19, seperti promosi virtual, gebyar startup, dan JOSS (Jatim Online Single Submission). “Yang paling terbaru, Pergub tentang Penyelenggaraan Terpadu Satu Pintu telah disahkan Gubernur. Dengan pergub ini, kita memastikan semua proses perizinan telah dilimpahkan di PTSP dan dikelola secara online,” papar Kabid P3M Agus Salim Arif.

Pada sesi berikutnya, Kepala Dinas PMPTSP Barito Kuala mengulas profil Kabupaten Barito Kuala beserta potensi investasi yang diunggulkan, di antaranya komoditas Jeruk Siam Banjar, Nenas Mekarsari, dan Beras Siam Banjar. Di akhir paparannya, ia ingin mendapatkan masukan dan saran atas dokumen potensi yang telah dipaparkan. “Terutama mohon dibagi kiat bagaimana caranya agar kita bisa membuat investor itu murah hati dan mau berinvestasi,” pungkas Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Barito Kuala Muhammad Aberar.

Menimpali permintaan tersebut, Kabid P3M Agus Salim Arif membagikan perspektifnya. “Dari sekian potensi unggulan itu, silakan pilih salah satu, untuk kemudian dilakukan kajian dan analisis hingga lahir dokumen project prospectus,” ulasnya. Dokumen itulah, imbuh Kabid P3M Agus Salim Arif, yang layak ditawarkan kepada investor di berbagai event promosi.

Proses sharing informasi, pandangan serta pengalaman berlangsung di antara kedua belah pihak, termasuk bagaimana membangun kolaborasi antara eksekutif dengan legislatif. Di bagian akhir, Wakil Ketua DPRD Barito Kuala Muhammad Agung Purnomo memberikan apresiasi atas penerimaan Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap rombongannya. Ia pun menegaskan komitmennya untuk memberikan dukungan terhadap strategi dan langkah Dinas PMPTSP Barito Kuala dalam mempromosikan peluang investasi ke depannya.

By DPMPTSP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *