• Home
  • Profile
    • Company Profile DPMPTSP
    • Kontak Kami
    • Struktur Organisasi
  • Perizinan
    • SOP Perizinan
    • Standart Pelayanan
    • Realisasi Perizinan
  • Investasi
    • Potensi Investasi
    • Realisasi Investasi
  • Berita
  • Home
  • Profile
    • Company Profile DPMPTSP
    • Kontak Kami
    • Struktur Organisasi
  • Perizinan
    • SOP Perizinan
    • Standart Pelayanan
    • Realisasi Perizinan
  • Investasi
    • Potensi Investasi
    • Realisasi Investasi
  • Berita
  • Home
  • Profile
    • Company Profile DPMPTSP
    • Kontak Kami
    • Struktur Organisasi
  • Perizinan
    • SOP Perizinan
    • Standart Pelayanan
    • Realisasi Perizinan
  • Investasi
    • Potensi Investasi
    • Realisasi Investasi
  • Berita

Type To Search

  • Home
  • Profile
    • Company Profile DPMPTSP
    • Kontak Kami
    • Struktur Organisasi
  • Perizinan
    • SOP Perizinan
    • Standart Pelayanan
    • Realisasi Perizinan
  • Investasi
    • Potensi Investasi
    • Realisasi Investasi
  • Berita
Blog Post
Home Berita PERESMIAN MAL PELAYANAN PUBLIK SETARA DI KABUPATEN BARITO KUALA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN OLEH MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA
19 OktBerita

PERESMIAN MAL PELAYANAN PUBLIK SETARA DI KABUPATEN BARITO KUALA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN OLEH MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA

by limbo0 Comments
3
43

PERESMIAN MAL PELAYANAN PUBLIK SETARA DI KABUPATEN BARITO KUALA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN OLEH MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah meresmikan hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Selasa (18/10). Peresmian ini turut disaksikan oleh Bupati Barito Kuala Noormiliyani AS dan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar

Pada kesempatan tersebut, juga diluncurkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Sistem ini mempermudah proses administrasi menjadi lebih cepat dan sederhana, sehingga pasien dapat mengetahui ketersediaan kamar untuk rawat inap, jadwal dokter, sampai memeriksa status antrian. Sistem ini diinisiasi dan telah diterapkan di RSUD H. Abdul Aziz Marabahan, Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Dalam sambutannya, Menteri Azwar Anas mengatakan agar ASN tidak ragu untuk berinovasi, terutama dalam kaitannya dengan pelayanan publik. Ia pun menghalalkan jika para pemerintah daerah saling mereplikasi inovasi yang nyata dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Usai peresmian, Menteri Anas melakukan peninjauan MPP Setara Kabupaten Barito Kuala. Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Barito Kuala Rahmadian Noor; Deputi Bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa; Staf Ahli Bidang Budaya Kerja Kementerian PANRB Abdul Hakim; serta Asisten Deputi Standardisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif Noviana Andrina; perwakilan Sekretariat Wakil Presiden; Kepala DPMPTSP Kabupaten Barito Kuala M. Aberar; serta jajaran Forkopimda Kabupaten Barito Kuala.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa saat ini bukan lagi zamannya pelayanan lama, melainkan harus cepat dan mudah. Masyarakat harus dilayani dengan baik dan tidak berbelit.

“Pelayanan publik kedepan harus mudah, sudah tidak musim pelayanan lama. Bapak Presiden berpesan bahwa reformasi birokrasi bukan sekadar tumpukan kertas namun dampaknya harus bisa dirasakan oleh masyarakat,” katanya saat peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Setara Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Selasa (18/10).

Menurutnya pelayanan yang cepat telah dilakukan dibanyak daerah melalui pembangunan MPP, termasuk yang dimiliki Kabupaten Barito Kuala. Ia mengapreasiasi langkah Barito Kuala dalam memberikan kemudahan pelayanan perizinan dan non-perizinan bagi masyarakat.

Menurut Menteri Azwar Anas, diperlukan komitmen kuat dari pimpinan hingga level bawah untuk menyelenggarakan pelayanan yang mudah dan cepat. Sebelumnya, telah dilakukan penandatanganan komitmen pembangunan MPP di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dengan disaksikan Menteri PANRB dan Gubernur Kalimantan Selatan.

Lebih lanjut disampaikan, MPP tidak hanya sebagai tempat berbagai layanan bergabung namun kedepan yang perlu diperhatikan adalah integrasi antarlayanan yang ada di gedung tersebut. Nantinya MPP juga harus dapat bertransformasi ke digital sehingga masyarakat tidak perlu hadir langsung untuk memperoleh pelayanan.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Barito Kuala Noormiliyani AS menyampaikan bahwa kehadiran Menteri PANRB yang merupakan pembina pelayanan publik menjadi penyemangat ASN dalam melayani masyarakat. Komitmen kuat para perangkat daerah menjadi bagian penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Kami selalu memperbaiki dan meningkatkan pelayanan terutama yang menjadi hajat orang banyak. Untuk memastikan pelayanan publik, kita telah membentuk satgas dengan tugas melakukan monitoring dan evaluasi, peningkatan kompetensi petugas serta pengelolaan pengaduan,” ucapnya.

Menteri Anas menegaskan bahwa dengan kehadiran MPP menjadi bukti komitmen kuat pemda dalam perbaikan pelayanan publik. Selain meningkatkan kualitas pelayanan, hadirnya MPP Setara Barito Kuala akan berdampak pada peningkatan investasi daerah.

MPP Setara Kab. Barito Kuala merupakan MPP ke-74 yang berdiri di Indonesia dan yang ke-4 di Provinsi Kalimantan Selatan. MPP di Bumi Selidah ini menyediakan 158 jenis layanan dari 17 instansi pemerintahan, swasta, dan BUMN/BUMD yang bergabung di dalamnya.

MPP ini berlokasi di Jl. AES Nasution, Kelurahan Marabahan Kota, Kecamatan Marabahan, Barito Kuala. Masyarakat dapat berkunjung untuk mengurus layanan perizinan dan non-perizinan setiap Senin-Kamis pukul 08.00-15.30 WITA, dan hari Jumat pukul 08.00-11.00 WITA.

Share article:

BIMTEK LKPM ONLINE KEPADA PELAKU USAHA DI KAB.BARITO KUALA

23 Agustus 2021

POTENSI INVESTASI KABUPATEN BARITO KUALA

6 Mei 2023

Related Posts

13 JunBerita

Rapat Evaluasi SPIP Tahun 2024 dan Persiapan Penilaian SPIP Tahun 2025

Read More
14 MeiBerita

Rapat EvaluasiSOP dan Mekanisme Pelayanan Perizinan Bidang Lingkungan Hidup yang dipimpin oleh Plt Kepala Dinas PMPTSP didampingi oleh Kepala Bidang Penanaman Modal, Kepala Bidang Perizinan Umum dan Kepala Bidang Pengendalian dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Satuan Tugas SPIP Dinas PMPTSP Kab. Barito Kuala.

Read More

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

  • Juni 2025
  • Mei 2025
  • April 2025
  • Maret 2025
  • Februari 2025
  • Januari 2025
  • Desember 2024
  • November 2024
  • Oktober 2024
  • September 2024
  • Agustus 2024
  • Juli 2024
  • Juni 2024
  • Mei 2024
  • April 2024
  • Maret 2024
  • Februari 2024
  • Januari 2024
  • Desember 2023
  • November 2023
  • September 2023
  • Agustus 2023
  • Juli 2023
  • Juni 2023
  • Mei 2023
  • Oktober 2022
  • Agustus 2021
  • Oktober 2020
  • Februari 2020
Recent Posts
  • Zoom Meeting Bertema Evaluasi Implementasi  Kebijakan Mal Pelayanan Publik Digital (MPP Digital)
    Zoom Meeting Bertema Evaluasi Implementasi Kebijakan Mal Pelayanan Publik Digital (MPP Digital)
    13 Juni 2025
  • Pelayanan Konsultasi Perizinan Bongkar Muat dan Penumpukan Pasir
    Pelayanan Konsultasi Perizinan Bongkar Muat dan Penumpukan Pasir
    13 Juni 2025
  • Rapat Evaluasi SPIP Tahun 2024 dan Persiapan Penilaian SPIP Tahun 2025
    Rapat Evaluasi SPIP Tahun 2024 dan Persiapan Penilaian SPIP Tahun 2025
    13 Juni 2025
ALAMAT MPP BARITO KUALA

Jalan AES Nasution RT.02 Kel.Marabahan Kota Kec. Marabahan Kal-Sel

dpmptsp@baritokualakab.go.id

0822 8517 2711 (WA)

Youtube Instagram

Telepon : 0511-4799600

Pengaduan : 0812 5135 5908 (WA)

Pengaduan : www.lapor.go.id

Pengaduan : Beadu

Jam Pelayanan :
Senin – Kamis          08:00 – 14.30
Jum’at                    08:00 – 11.00

Copyright © 2025 DPMPTSP Barito Kuala By LIMBO. All Rights Reserved.

BACK TO TOP